Kamis, 28 November 2013

USAHA KERIPIK OPAK ANEKA RASA


KIKI RIZKY AMELIA
1EB20
24213853

I.                  PENDAHULUAN
Ragam keunikan kuliner di Tanah Air memang terus bertambah setiap tahun, mulai dari makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau yang di sajikan di kawasan perumahan, pinggir jalan, dan pusat perbelanjaan. Mencari ide usaha kuliner apalagi makanan ringan bukanlah hal yang susah di lakukan karena banyak pelaku usaha kuliner yang gencar mempromosikan produk yang di tawarkan. Salah satunya keripik opak ini, yang sangat gencar dipasarkan beberapa waktu belakangan.

II.               ISI
Untuk kembali meningkatkan pamor opak di masyarakat, opak yang tadinya bebentuk biasa, kini mulai di kemas dan di olah dengan cita rasa yang berbeda. Dengan adanya perubahan pada kemasan dan juga rasa di harapkan opak ini di sukai baik di kalangan orang tua dan anak-anak.
Keripik opak yang satu ini memang berbeda dari opak lainnya yang ada di pasaran karena selain memiliki tekstur yang lebih renyah, dengan tambahan 3 varian rasa gurih seperti sapi panggang, keju pedas dan cabai pedas membuat rasa dari opak menjadi lebih nikmat. Apalagi dalam pembuatan bumbu bubuknya tidak menggunakan bahan pengawet sehingga menyehatkan.
Keripik opak dibagi menjadi beberapa varian rasa ini dikemas dengan packing yang menarik berbentuk seperti paper back dengan gambar yang unik. Harganya pun terjangkau. Membuat keripik opak tidaklah sulit karena bahan baku dan peralatan yang di gunakan mudah di dapatkan.


III.           PENUTUP
Banyak cara untuk mempromosikan keripik opak, salah satunya yang paling efektif adalah memberikan tester kepada keluarga dan teman-teman dekat, dan teman kantor untuk dimintai pendapat dan masukan untuk perbaikan produk ke depannya. Selain itu promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan media iklan internet. Cara efektif lainnya dengan melakukan penjualan produk memakai garasi bak belakang mobil yang di parkir di pinggir jalan ramai.
Dalam menjalankan usaha ini kendala terbesar yang di jumpai adalah sumber daya manusia(SDM). Karena SDM adalah tonggak untuk bisa menciptakan dan mempertahankan rasa yang khas dari keripik opak. Selain itu banyaknya produk penjualan makanan ringan di pasaran membuat persaingan dalam usaha ini dibilang sangat ketat.
Untuk itu di perlukan pengembangan produk dengan berbagai varian rasa baru namun dengan tetap mempertahankan cita rasa opak. Dilihat Dri prospeknya keripik opak ini masih memiliki prospek yang sangat cerah. Karena selain memiliki rasa yang unik juga kandungan gizi yang besar membuat makanan yang satu ini banyak menjadi pilihan baik orang dewasa, remaja, maupun anak-anak.


IV.           DAFTAR PUSTAKA
Tabloid Peluang Wirausaha Edisi 21. Th VII. 15-28 November 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar