Senin, 11 November 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS KELOMPOK MINGGU KE-6

Nama Kelompok :  Kiki Rizky Amelia                   (24213853)
                                 Selviana Dianasari                   (28213362)
                                 Syifa Fauziah Rahmayanti      (28213766)
Kelas                    :   1EB20
TUGAS PENGANTAR BISNIS
MINGGU KE-6
  1. JELASKAN  PERBEDAAN PASAR  DENGAN  PEMASARAN
JAWAB :
Pasar yaitu kelompok individual (perorangan atau organisasi ) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli dan minat merealisasikan pembeliannya. Sedangkan Pemasaran yaitu kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
  1. BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
JAWAB :
·         Jenis pasar industri:
-          Industri konveksi
-          Industri batu bata, keramik, genteng
-          Industri furniture
-          Industri peralatan rumah tangga
-          Industri benang
·         Jenis pasar penjual:
-          Pedagang sayuran dan buah-buahan di pasar
-          Pedagang elektronik di toko
-          Pedagang kue di pasar
-          Pedagang sembako di toko
-          Pedagang pakaian di mall
     3.    JELASKAN dgn 1 CONTOH  BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA 
            MEMASARKANNYA  ( BERDASARKAN 4 P )  
            JAWAB :
Konsep marketing 4p adalah product, price, place, promotion. Contoh jasa atau barang yang menggunakan metode 4 adalah online shop. Mereka menjual barang atau jasa melalu jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll.
Di halaman website pertama akan muncul tampilan barang-barang atau jasa yang akan di jual. Di dalam website tersebut juga sudah di tampilkan harga barangnya dan jenis bahan barangnya jika produk itu seperti sepatu atau baju. Harganya juga harus terjangkau oleh konsumen, produknya juga harus berkualitas. Dan tampilan websitenya juga harus di buat semenarik mungkin agar para konsumen tertarik. Untuk promosi toko online biasanya mengadakan discount, atau gratis ongkos kirim agar konsumen lebih tertarik. Toko onlie juga mempunyai mitra-mitra dan jasa pengiriman terpecaya. Mitra-mitra tersebut dapat dikaitkan dengan place atau distributor.
          4.      SEBUT DAN JELASKAN  4 VARIABEL  BAURAN PROMOSI
           JAWAB :
Bauran promosi atau marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu: produk, struktur harga, kegiatan promosi dan sistem distribusi.
·        Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat di tawarkan kepada pasar untuk di perhatikan, di peroleh, di gunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
·        Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
·        Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
·        Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Variabel-variabel bauran pemasaran tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Tetapi dalam pelaksanannya, bauran pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada atau bersifat fleksibel.
           5.      SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF  SISTEM  PEMASARAN
           JAWAB :
           Alternatif dalam sistem pemasaran yaitu:
·         Memaksimumkan Konsumsi
·         Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
·         Memaksimumkan Mutu Hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar