Rabu, 20 November 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS KELOMPOK MINGGU KE-9

Nama Kelompok :   Kiki Rizky Amelia                   (24213853)
                                  Selviana Dianasari                   (28213362)
                                  Syifa Fauziah Rahmayanti      (28213766)
Kelas                    :   1EB20
 
TUGAS MINGGU 9

1.MANAJEMEN KEUANGAN ADALAH : …………………
   SEBUTKAN KEPUTUSAN MANAJER KEUANGAN ITU  APA SAJA
   SERTA KEGIATAN SEORANG MANAJER KEUANGAN BERKAITAN DENGAN 
   ERAT DENGAN …………..
   JAWAB :

·         Manajemen keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.
·         Ada beberapa keputusan yang harus diambil dalam manajemen keuangan:
1. Investment decision, yaitu keputusan terhadap aktiva apa yang akan dikelola perusahaan.
2. Financing decision,yaitu keputusan yang berkaitan dengan penetapan sumber dana yang diperlukan dan penetapan perimbangan pembelanjaan yang terbaik (struktur modal yang optimal).
3. Assets management decision, yaitu keputusan yang berkaitan dengan penggunaan dan pengelolaan aktiva (kata bijak: lebih mudah membangun daripada mengelola).
·         Kegiatan seorang manager keuangan berkaitan erat dengan :
kegiatan perencanaan analisis dan pengendalian kegiatan keuangan. Fungsi manajer keuangan meliputi hal-hal sebagai berikut: Melakukan pengawasan atas biaya, Menetapkan kebijaksanaan harga, Meramalkan laba yang akan dating, Mengukur atau menjajaki biaya modal kerja.

2. APA YG DIMAKSUD  DENGAN  KAPITAL BUDGETING DAN SEBUTKAN  
    METODE  PERHITUNGANNYA
    JAWAB :

Capital budgeting adalah keseluruhan proses analisis tentang pengambilan keputusan investasi pada aktiva tetap (proyek). Investasi pada aktiva tetap (misal: bangunan, kendaraan dsb) akan melibatkan dana yang cukup besar dan dana tersebut akan terikat dalam jangka panjang (lebih dari 1thn). Untuk menghindari kesalahan maka perlu analisis yang baik agar keputusan yang di ambil optimal. Kesalahan dalam pengambilan keputusan dalam investasi aktiva tetap akan menimbulkan kerugian yang besar karena langkah perbaikan yang harus di lakukan pasti memerlukan biaya yang sangat besar.
Analisis yang digunakan mendasarkan diri pada analisis manfaat dan pengorbanan (Benefit&Cost Analysis). Tujuannya untuk menilai investasi tersebut. Investasi di sebut layak apabila modal yang digunakan dapat kembali ditambah sejumlah keuntungan (aliran kas masuk lebih besar di banding alian kas keluar.

Metode perhitungannya :
Cashflow Keputusan investasi yang dilakukan oleh perusahaan diharapkan akan bisa ditutup oleh penerimaan penerimaan dimasa yang akan datang. untuk menghitung aliran kas atau cashflow adalah denganmenambah keuntungan setelah pajak dengan pengeluaran tidak tunai. Rumusnya :
CASHFLOW = EAT + PENYUSUTAN
Average rate of return
Perhitungan Average rate of return didasarkan atas jumlah keuntungan bersih sesudah pajak (EAT) yang tampak dalam laba rugi. Pengukuran denganteknik rate of return ini sering pula disebut degan istilah yang perhitunganya dilakukan sebagai berikut:
cara perhitungannya dengan jalan membagi dua jumalah Investasirata ± rata ini mengasumsikan bahwa perusahaan mengunakan metode depresiasigaris lurus dan nilai residua tau slvage value pada akhirumur ekonomis proyek.Dan dengan demikian nilai buku aktiva akan akan menurun pada nilai konstan,mulai dari nilai Investasi yang semula samapai dengn Rp 0pada akhir umur proyek.
Rata-rata Pengembalian = Rata-rata pendapatan : pengembalian rata-rata


3.BERIKAN ALASAN MENGAPA MANAJER  KEUANGAN MENCARI  DANA
 JAWAB :
Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas, yaitu :
1.      Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
2.      Aktivitas perolehan dana, yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
3.      Aktivitas pengelolaan aktiva, yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola seefisien mungkin.
Seorang manajer keuangan dalam suatu perusahaan harus mengetahui bagaimana mengelola segala unsur dan segi keuangan, hal ini wajib dilakukan karena keuangan merupakan salah satu fungsi penting dalam mencapai tujuan perusahaan.
Unsur manajemen keuangan harus diketahui oleh seorang manajer. Misalkan saja seorang manajer keuangan tidak mengetahui apa-apa saja yang menjadi unsur-unsur manajemen keuangan, maka akan muncul kesulitan dalam menjalankan suatu perusahaan tersebut.
Sebab itu, seorang manajer keuangan harus mampu mengetahui segala aktivitas manajemen keuangan, khususnya penganalisisan sumber dana dan penggunaan-nya untuk merealisasikan keuntungan maksimum bagi perusahaan tersebut. Seorang manajer keuangan harus memahami arus peredaran uang baik eksternal maupun internal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar