Senin, 11 November 2013

BINIS ONLINE TELAH MERAJALELA




KIKI RIZKY AMELIA
24213853
1EB20












I. PENDAHULUAN
Saat ini adalah zaman era globalisasi dimana waktu  yang paling dituntut dalam segala hal. Teknologi juga sudah sangat canggih dan maju. Karena adanya globalisasi dan pengembangan teknologi itu mengubah pola hidup dan pola fikir semua orang untuk hidup dengan sesuatu yang instan. Dengan keadaan demikian membuat beberapa orang yang memiliki kemampuan untuk berbisnis memanfaatkan keadaan ini dengan mendirikan sebuah pasar dimana orang orang tersebut tidak harus menghabiskan banyak waktunya untuk datang membeli sesuatu. Tanpa harus pergi ke toko dan bertatap muka dengan produsen. Pasar ini biasa di sebut dengan bisnis online.  
Munculnya bisnis online merupakan hal yang baru untuk mendapatkan keuntungan dengan praktis dan tidak ribet. Siapapun bisa menjalankan bisnis online asalkan punya koneksi internet yang memadai. Internet telah digunakan oleh ratusan juta orang tiap harinya dari berbagai belahan dunia. Ini adalah pasar yang terbuka, tanpa birokrasi berbelit-belit dan murah. Kita bisa melakukan perdagangan kesemua Negara tanpa harus buka toko di sana. Kita bisa kenalkan kerajinan daerah ke negara lain tanpa perlu terbang ke sana.
II. ISI
Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet sedangkan informasi tentang penjualan dan pembelian biasa menggunakan media website. Bisnis online memiliki peluang yang cukup besar dimasa ini juga di masa yang akan datang dimana semua orang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan. Dalam berbisnis pasti ada kekurangan dan kelebihannya
Kelebihan dari bisnis online menurut produsen: Tidak memiliki kemampuan khusus, Tanpa dipungut biaya, hanya mengeluarkan modal untuk Investasi, Tidak perlu mengerjakan apapun selain mendaftar dan menginvestasikan modal, Tidak perlu promosi, Dapat menerima profit meski sedang tidur. Sedangkan Kekurangan bisnis online menurut produsen diantaranya: Resiko adanya penipuan, Tidak ada order/tidak laku, Kasus ambil alih konsumen DROP SHIPPING, Jika order meningkat bisa sampai tidak terlayani. Ada pula kelebihan dan kekurangan bisnis online menurut konsumen. Kelebihannya diantaranya, Tidak harus membuang waktu untuk membeli sesuatu, Transaksi bisa lebih cepat dan praktis, Dapat membeli dimana dan kapan saja. Kekurangannya maraknya penipuan, Dan hanya bisa menggunakan internet di kota tertentu saja, Tidak dapat melihat langsung jenis barang tersebut.
. Dalam berbisnis juga harus mempunyai etika. Etika bisnis yaitu terkait dengan masalah penilaiam terhadap kegiatan dan perilaku bisnis yang mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha (bisnis). Keberadaan maksudnya etika standar yang secara umum dapat di terima dan di akui prinsip-prinsipnya baik oleh masyarakat, perusahaan maupun individu.
Di Indonesia bisnis online ini sudah merajalela. Pengguna internet di Indonesia juga sudah mulai banyak. Hampir semua jenis barang bisa dibeli melalui online. Kebanyakan produsen dalam bidang bisnis online adalah pelajar atau mahasiswa karena mereka bisa mengembangkan bakat dalam berbisnis selain itu juga mereka bisa membantu perekonomian keluarga mereka karena kebanyakan masyarakat di Indonesia perekonomiannya masih bawah rata-rata.

III. KESIMPULAN
Dari penjabaran di atas mengenai bisnis online kita dapat menyimpulkan bahwa kemampuan berbisnis itu tidak harus memiliki skill berbisnis yang besar asal kita memiliki kemauan dan kepercayaan diri untuk berbisnis maka bisnispun akan berjalan. Dalam berbisnis pun kita tidak harus menyediakan tempat khusus atau lokasi karena dengan tidak tatap muka pun antara pembeli dan penjual dapat terjadi transaksi. Dan jika kita ingin berbisnis pun tidak harus mengeluarkan banyak modal. Dapat di simpulkan juga di Indonesia ini bisnis online sudah banyak di minati dilihat dari konsumen dan produsennya. Karena bisnis online salah satu bisnis yang sangat banyak peluangnya dan bisnis yang tidak merepotkan.

IV. DAFTAR PUSTAKA
 Buku Pengantar Bisnis Karya Murti sumarni - John soeprihanto Edisi ke lima.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar