Senin, 11 November 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS KELOMPOK MINGGU KE-4

Nama Kelompok :  Kiki Rizky Amelia              (24213853)
                                Selviana Dianasari              (28213362)
                                Syifa Fauziah Rahmayanti (28213766)
Kelas                    : 1EB20
TUGAS PENGANTAR BISNIS
MINGGU KE-4
1.      SEBUTKAN PERBEDAAN WIRASWASTA  DAN WIRASWASTAWAN SERTA
       UNSUR APA YG DIMILIKI  WIRASWASTA
       JAWAB:
A.    Pengertian wiraswastawan menunujuk kepada pribadi tertentu yang secara kualitatif lebih dari kebanyakan manusia pada umumnya, yaitu pribadi yang memiliki kemampuan untuk:
·         Berdiri diatas kekuatan sendiri
·         Mengambil keputusana untuk diri sendiri
·         Menetapkan tujuan atas dasar pertimbangannya sendiri
·         Mengambil resiko
·         Tegas
·         Memperhatikan lingkungan social untuk mencapai taraf hidup yang lebih baik bagi semua orang
B.     Wiraswasta adalah suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau organisasi untuk memberikan nilai tambah terhadap sesuatu produk sehingga memberi kepuasan lebih kepada pelanggan.
Unsur-unsur yang dimiliki wiraswasta:
1.)    Unsur pengetahuan mencirikan tingkat penalaran yang dimiliki seseorang. Pada umumnya unsur pengetahuan banyak ditentukan oleh tingkat pendidikan orang bersangkutan.
2.)    Unsur keterampilan pada umumnya diperoleh melalui latihan dan pengalaman kerja nyata. Wiraswastawan yang dilengkapi keterampilan tinggi akan mempunyai keberhasilan yang lebih tinggi.
3.)    Unsur kewaspadaan merupakan paduan unsur pengetahuan dan sikap mental dalam menghadapi keadaan yang akan datang. Kewaspadaan berkaitan dengan pemikiran atau rencana tindakan untuk menghadapi sesuatu yang mungkin terjadi atau diduga yang akan dialami.
Referensi: http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/kewiraswataan-dan-perusahaan-kecil/
2.      BAGAIMANA PERKEMBANGAN  FRANCHISING  DI INDONESIA SEARCHING  DI INTERNET
JAWAB:
Sebagaimana diuraikankan dimuka, Waralaba sebagai format bisnis mulai di kenal di Indonesia pada awal tahun 1980, dibidang Restoran Siap Saji ( Fast Food Restaurant ), seperti KFC, Pioneer Take out. Sedangkan Franchise (waralaba) generasi pertama yang cenderung disebut lisensi memang telah lebih dahulu dikenal, antara lain seperti; Coca-cola, obat-obatan,dsb.
Perkembangan Waralaba di Indonesia, khususnya di bidang rumaah makan siap saji sangat pesat. Hal ini ini dimungkinkan karena para pengusaha kita yang berkedudukan sebagai penerima waralaba ( franchisee ) diwajibkan mengembangkan bisnisnya melalui master franchise yang diterimanya dengan cara mencari atau menunjuk penerima waralaba lanjutan. Dengan mempergunakan sistem piramid atau sistem sel suatu jaringan format bisnis waralaba berekspansi.
Bahkan dari data Deperindag RI, hingga tahun 1997 telah tedaftar sekitar 250 perusahaan penerima Waralaba dimana hampir 70 persennya bergerak di bidang restoran siap saji.
Pesatnya perkembangan Waralaba daerah perkotaan di Indonesia, karena didukung oleh jumlah populasi yang tinggi dan daya beli yang baik, disamping pola makan masyarakat bisnis (middle-up) yang cenderung makan diluar rumah.
Referensi: http://paroki-teresa.tripod.com/Tonikum_WARALABA1.htm
3.      BERI 5 CONTOH RIIL  USAHA FRANCHISING YG BERGERAK DI BIDANG :
- PENDIDIKAN
- KESEHATAN
- SALON & PERAWATAN
- MAKANAN  DALAM NEGERI /LOKAL
- OTOMOTIF
JAWAB:
a.       Pendidikan: LIA (Lembaga Indonesia Amerika), GO (Ganesha Operation), Primagama, Nurul Fikri, PEC (Practical Education Center), English First.
b.      Kesehatan: Apotek K24, Celebrity Fitness, Apotek Century, Apotek Generik, Apotek Kimia Farma
c.       Salon & Perawatan: Johnny Andrean Salon, Stefani Salon, Rudi Hadisuwarno Salon, My Salon, Martha Tilaar Salon Day Spa.
d.      Makanan dalam negeri/lokal: KFC, Kebab Turki Baba Rafi, Bread Talk, Burger King, Tahu Jeletot.
e.       Otomotif: Planet Ban, Car Wash, Sparepart Factory, CheapNClean Autocare Centre, King Auto Interior.
4.      JELASKAN PERBEDAAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN BISNIS  KECIL DENGAN CONTOH KASUS YG NYATA
JAWAB:
Secara harfiah Kewirausahaan terdiri atas kata dasar wirausaha yang mendapat awalan ked an akhiran an, sehingga dapat diartikan kewirausahaan adalah hal-hal yang terkait dengan wirausaha. Sedangkan wira berarti keberanian dan usaha berarti kegiatan bisnis yang komersial atau non-komersial, Sehingga kewirausahaan dapat pula diartikan sebagai keberanian seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan bisnis.
Sedangkan Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”
Contoh nyatanya adalah Afiani Puspitasari, wanita muda pemilik usaha bakso raket yang memulai bisnis bakso dilandasi keinginan untuk mempunyai sebuah usaha kuliner. Contoh wirausaha ini, modal usaha awalnya hanya Rp 500.000 saja ia mulai menjalankan usaha bakso. Modal tersebut dipergunakan membeli bahan baku membuat bakso. Afiani pun membuka warung bakso raket di gerai sparepart yang dikelola ayahnya di Rambutan Jak-Tim. Dalam menjalankan usahanya Afiani gencar melakukan promosi, salah satunya dengan membagikan voucher gratis makan bakso di warungnya. Pada bulan pertama omset usaha bakso mencapai Rp1.3 juta rupiah. Meski demikian, perjalanan dari Contoh wirausaha bakso Afiani tidaklah berjalan mulus, di tahun 2010 tidak hanya usaha bakso yang surut namun juga usaha sparepart ayahnya.Perubahan pun dilakukan, bekas tempat usaha sparepart ayahnya dirombak dan direhab total. Dengan modal Rp 4 juta hasil pinjaman dari saudara. Dengan perombakan ini ternyata punya hasil yang bagus, omsetnya meningkat menjadi Rp 1.5 juta sehari.Bagi Afiani kunci keberhasilan Contoh wirausaha bakso ini terletak pada kebersihan, pelayanan, serta brand yang lebih terlihat & menarik perhatian. Selain itu Afiani juga memiliki varian produk bakso yang beragam misalnya Bakso Raket Panggang madu, Bakso Raket Panggang keju, Mie Ayam Bakso Raket Panggang keju dll.Di Tahun 2011 usaha bakso raket Afiani pindah ke PGC (Pusat Grosir Cililitan), meski demikian usahanya tetap dicari pelanggan.Selain pindah lokasi Bakso Raket membuka cabang di Jl. Raya Tanjung Barat. Dengan penambahan cabang ini maka omsetnya pun semakin bertambah. Kini Afiani bisa memperoleh omset lebih dari 100 juta perbulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar