Minggu, 24 November 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS KELOMPOK MINGGU KE-12

Nama Kelompok :  Kiki Rizky Amelia                    (24213853)
                                  Selviana Dianasari                   (28213362)
                                  Syifa Fauziah Rahmayanti     (28213766)
Kelas                     :  1EB20



TUGAS PENGANTAR BISNIS
MINGGU KE-12

1.         JELASKAN   PENGERTIAN  TANGGUNG  JAWAB SOSIAL  SUATU  BISNIS
JAWAB:
Tanggung jawab sosial suatu bisnis/perusahaan adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang diantaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas, dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

2.     BERI  1 CONTOH  PERUSAHAAN  UNIVERSAL YG  DI MAKSUD  DENGAN “ COORPORATE  SOCIABILITY  RESPONSIBILITY ”
JAWAB:
Salah satu contoh perusahaannya yaitu PT. Bio Farma yang berada di Bandung, Jawa Barat. Dalam menjalankan bisnisnya, PT. Bio Farma (Persero) tidak hanya terfokus pada masalah kesehatan global. Tetapi perusahaan ini tetap konsisten akan tanggung jawabnya untuk lebih peduli kepada masyarakat maupun lingkungan sekitar perusahaan. Hal ini demikian diwujudkan melalui kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, sebagai kesadaran perusahaan untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan masyarakat dan lingkungan sekitar.
Menurutnya, kegiatan CSR (Coorporate Social Responsibility) yang sudah dilakukan sesuai empat pilar.
-          Pertama, pilar kesehatan dengan melakukan penyuluhan kesehatan, vaksinasi, pembuatan posyandu, mobil sehat, dan lainnya.
-          Kedua, pilar pendidikan dengan melaksanakan pembangunan infrastruktur sekolah, pemberian beasiswa mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Perguruan Tinggi (PT).
-          Ketiga, pilar lingkungan dengan melakukan pembuatan lubang biopori (800), penanaman pohon per-Juni   2012 sebanyak 31.100 pohon. Dan juga instalasi air bersih dan pelestarian sumber mata air di Sukabumi, pembangunan MCK, konservasi air dengan program 4R bisa melakukan penghematan sebesar 38% program efisiensi energy (mereduksi 1700 metrik ton CO2), dan lainnya.
-          Keempat, pilar ekonomi dengan melaksanakan pemberdayaan masyarakat kecil/UKM melalui program kemitraan, dengan tujuan kemandirian ekonomi rakyat kecil. Agar dapat meningkatkan penghasilannya supaya lebih baik.
Kegiatan CSR dengan 4 pilar ini terus dilakukan secara berkelanjutan, dan di pantau kinerjanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar