Minggu, 12 Maret 2017

REVIEW JURNAL 5


Tema                           : PENGUNGKAPAN & PELAPORAN
Nama Jurnal                : Jurnal Islamic Finance & Business Review
Volume / Halaman      : Vol. 5 No.1
Nama Penulis              : Erna Agustin Roziani, Sofie
Judul Jurnal                 : Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengungkapan Sosial Dalam Laporan Tahunan Bank Konvensional Dan Bank Syariah Di Indonesia

Tanggal Jurnal             : Januari – Juli 2010
Tujuan Penelitian        : Untuk untuk mengetahui beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial bank-bank di Indonesia yang meliputi bank konvensional dan bank syariah periode 2004-2007.

Metode Penelitian       : menggunakan metode penghitungan indeks pengungkapan social dan regresi linear beranda

Hasil Penelitian           :

A.  Pengungkapan Dalam Laporan Keuangan

Secara konseptual, pengungkapan merupakan bagian integral dari pelaporan
keuangan (Suwardjono, 2005). Secara teknis, pengungkapan merupakan langkah akhir dalam proses akuntansi, yaitu penyajian informasi dalam bentuk seperangkat penuh statement keuangan. Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari suatu proses akuntansi. Agar informasi keuangan yang disajikan bermanfaat bagi para pemakai, maka proses penyajiannya harus berdasarkan pada standar akuntansi yang berlaku

Beberapa peraturan BAPEPAM yang mengatur pengungkapan:

B.  Hasil dan Pembahasan Bank Konvensional :
1.    Size
Hasil pengujian menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap pengungkapan sosial yakni dengan nilai t-hitung sebesar 6.95 dan P-value sebesar 0.000 (P-value < 0.05). Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa semakin besar ukuran perusahaan maka akan semakin luas pengungkapan sosial yang dilaporkan oleh perusahaan.

2.     Likuiditas
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rasio likuiditas menunjukkan pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan sosial. Ini berarti tinggi rendahnya rasio likuiditas yang dimiliki bank tidak akan berpengaruh terhadap pengungkapan sosial bank. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung dan p-value, yaitu masing-masing sebesar -1.16 dan 0.250 (p > 0.05).

3.    Leverage
Dalam penelitian ini, leverage yang diproksi dengan rasio hutang terhadap modal (DER) menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap pengungkapan sosial bank. Ini dapat dilihat dari nilai t dan p-value yaitu sebesar 0.51 dan 0.611 (p> 0.05). Hal ini menunjukkan bahwa tinggi rendahnya tingkat leverage bank tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan sosial bank. Dengan demikian, hasil penelitian ini tidak mendukung teori agensi yang menyatakan pengaruh positif leverage terhadap pengungkapan sosial.

4.    Net Profit Margin
Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa net profit margin mempunyai hubungan
negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan social bank, yaitu dengan nilai t = -1.50 dan p-value = 0.138 (p > 0.05). Ini menunjukkan bahwa besar kecilnya profitabilitas tidak akan mempengaruhi tingkat pengungkapan sosial perusahaan.

C. Hasil dan Pembahasan Bank Syariah
1. Size
Hasil penelitian terhadap size pada bank syariah menunjukkan hasil yang sama dengan hasil pada bank konvensional, yakni size menunjukkan pengaruh signifikan terhadap pengungkapan sosial. Size perusahaan yang diproksi dengan Ln total aktivamemperlihatkan nilai t-hitung sebesar 9.15 dan p-value sebesar 0.000 (p-value < 0.05).Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa semakin besar ukuran perusahaan maka akansemakin luas pengungkapan sosial yang dilaporkan oleh perusahaan.

2. Likuiditas
Hasil pada bank syariah ini menunjukkan perbedaan dengan hasil pada bank konvensional, yaitu bahwa rasio likuiditas menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan sosial. Hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung dan P-value yang masing-masing sebesar 4.62 dan 0.002 (p < 0.05). Ini berarti semakin tinggi rasio likuiditas yang dimiliki bank akan semakin luas pula informasi sosial yang diungkapkan oleh bank.


3. Leverage
Dalam penelitian ini, leverage yang diproksi dengan rasio hutang terhadap modal (DER) menunjukkan pengaruh signifikan terhadap pengungkapan social bank syariah dengan nilai t dan P-value yaitu sebesar 6.21 dan 0.000 (p < 0.05). Hal ini menunjukkanbahwa tinggi rendahnya tingkat leverage bank akan sangat berpengaruh terhadap luaspengungkapan sosial bank. Ini berarti semakin tinggi tinggi tingkat leverage yang dimiliki bank akan semakin besar pula pengungkapan sosialnya.

4.    Net Profit Margin
Berdasarkan hasil statistik yang dilakukan dapat dilihat bahwa Net profit margin mempunyai hubungan negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan sosial bank, yaitu dengan nilai t = -1.44 dan P-value = 0.192 (p > 0.05). Ini menunjukkan bahwa besar kecilnya profitabilitas tidak akan mempengaruhi tingkat pengungkapan sosial perusahaan. Hasil pengujian terhadap net profit margin pada bank syariah ini menunjukkan hasil yang sama dengan bank konvensional.

Kesimpulan                 : Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa
1.      Pengujian secara individu pada bank konvensional menunjukkan hanya terdapat satu variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan sosial, yakni variabel size.
2.      Berbeda dengan hasil pengujian pada bank konvensional, hasil pengujian secara individu pada bank syariah menunjukkan bahwa terdapat tiga variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengungkapan sosial. Variabelvariabel independen tersebut adalah size, rasio likuiditas, dan rasio leverage.

Pendapat Saya            : Berdasarkan penjelasan tersebut, menurut saya :
1.      Untuk peneliti berikutnya disarankan memasukkan variabel lain yang mendukung penelitian, seperti tekanan stakeholders / serikat pekerja, peraturan pemerintah, dan lain-lain. Disamping itu dapat juga dilakukan dengan menggunakan proksi yang berbeda.
2.      Untuk meminimalisir subjektifitas sebaiknya digunakan indeks kesesuaian observasi, yaitu dengan membandingkan dengan hasil peneliti lain.


SUMBER :
tifbr-tazkia.org/index.php/TIFBR/article/download/41/38


Tidak ada komentar:

Posting Komentar