Minggu, 12 Maret 2017

REVIEW JURNAL 1


Tema                                       : Akuntansi Internasional
Nama Jurnal                            : Kajian Akuntansi
Volume / Halaman                  : Vol.2 No.1 / 77-91
Nama Penulis                          : Maryono
Judul Jurnal                  :Harmonisasi Akuntansi Internasional dari Keberagaman menuju Keseragaman
Tanggal Jurnal                         : Pebruari 2010
Tujuan Penelitian                      :Untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mendorongg   perlunya harmonisasi terhadap akuntansi yang berlaku di Indonesia, Amerika dan Internasional
Metode Penelitian                     : Metode penelitian deskriptif kualitatif
Hasil Penelitian                         : Standar dan praktek akutansi di setiap negara merupakan hasil interaksi yang kompleks diantara faktor ekonomi, sejarah, kelembagaan. Usaha untuk mengharmonisasikan akuntansi secara Internasional sudah dimulai sejak lama. Dengan dibentuknya IFRS yang di jadikan sebagai referensi utama pengembangan standar akuntansi keuangan di Indonesia. Dengan telah dideklarasikannya program konvergensi IFRS maka pada tahun 2012 seluruh standar yang dikeluarkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan (IAI) akan mengacu pada IFRS dan di terapkan oleh entitas.
Kesimpulan                               :Upaya-upaya telah dilakukan terhadap usaha mengharmonisasikan akuntansi Internasional, namun keberagaman praktek akuntansi di masa mendatang masih akan tetap terjadi. Hal ini sangat di pengaruhi oleh lingkungan dimana akuntansi berada, dan di tiap-tiap negara akan tetap mengalami perbedaan meskipun terdapat kecenderungan menuju keseragaman.
Pendapat Mengenai Jurnal       : Menurut kelompok kami jurnal penelitian ini sudah cukup baik dalam memberikan penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi harmonisasi dan perkembangan akuntansi internasional. Namun sebaiknya perlu ditambahkan variabel penelitian agar pembaca lebih jelas untuk memahami jurnal tersebut.


Daftar Pustaka:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar