Rabu, 07 Juni 2017

REVIEW JURNAL 8

Tema                             : STANDAR AUDIT & AKUNTANSI GLOBAL
Nama Jurnal                  : Jurnal Ekonomika dan Bisnis
Volume / Halaman        : Vol. 16  110, No. 11/132-148
Nama Penulis                : Ida Nurhayati, SE, MSi
Judul Jurnal          : Dampak Konvergensi Standar Akuntansi Keuangan Terhadap International  Financial Reporting Standards ( IFRS ) pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI ( Studi Kasus Perusahaan Manufaktur )
Tanggal Jurnal               : Agustus2014
Tujuan Penelitian     :Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pengaruh konvergensi Standar Akuntansi Keuangan terhadap International Financial Reporting Standards ( IFRS ) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Metode Penelitian          : MetodeAnalisisDeskriptif
Hasil Penelitian              :
1. Seluruh perusahaan sampel mematuhi standar akuntansi keuangan yang baru sebagai pedoman dalam penyusunan laporan keuangan yang berakhir tahun 2012
2. Dari 84 perusahaan sampel, yang menyatakan bahwa penerapan standar akuntansi keuangan yang baru berpengaruh secara signifikan terhadap laporan keuangan adalah sebanyak 33 perusahaan sedangkan 51 perusahaan menyatakan tidak berpengaruh secara signifikan
3. Standar akuntansi keuangan baru yang paling banyak berpengaruh terhadap laporan keuangan adalah PSAK No. 60 yang berpengaruh terhadap 30 perusahaan, PSAK No. 24 berpengaruh terhadap 12 perusahaan, dan PSAK No. 10 berpengaruh terhadap 9 perusahaan, sedangkan PSAK yang lainya pengaruhnya lebih kecil.

Kesimpulan     :

1. Rasiolikuiditas, secara keseluruhan keadaan perusahaan berada dalam keadaan baik, meskipun selama kurun waktu dari tahun 2009 – 2011 berfluktuasi. Makin tinggi nilai rasio likuiditas, menandakanbahwakeadaanperusahaanberadadalamkondisibaikatau liquid.

2. Rasiosolvabilitas, keadaan perusahaan tahun 2009 - 2011 berada pada posisi solvable. Hal ini dapat dilihat bahwa keadaan modal perusahaan cukup untuk menjamin hutang yang diberikan oleh kreditor.

3.Rasio profitabilitas secara keseluruhan dari tahun 2009 -2011 keadaan perusahaan berada dalam posisi baik karena mengalami peningkatan seiring kemampuan perusahaan dalam meningkatkan laba dan efisiensi dalam menggunakan sumber daya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar