Rabu, 07 Juni 2017

REVIEW JURNAL 10




Tema                                       : Perencanaan dan Pengendalian Majerial
Nama Jurnal                            : Jurnal Ilmu Sosial Akuntansi
Volume / Halaman                  : Volume 10 No 2 / 69-76       
Nama Penulis                          : M. Nizarul Alim
Judul Jurnal                             : Efektivitas Perpaduan Komponen Anggaran dalam Prosedur  Anggaran: Pengujian Kontinjensi Matching
Tanggal Jurnal                         : November 2008
Tujuan Penelitian                    :
-          Untuk menguji efektivitas perpaduan antar komponen anggaran dengan pengujian kontinjensi matching dengan argumen bahwa penganggaran merupakan suatu prosedur yang berurutan dan saling terkait antar komponen anggaran. Komponen anggaran yang diteliti meliputi:
·      partisipasi anggaran
·      sasaran anggaran
·      revisi anggaran dan evaluasi anggaran.
Metode Penelitian                   :
-          Penelitian survei dengan menggunakan pendekatan kontinjensi. Kontinjensi antara komponen anggaran dalam proses penganggaran merupakan perpaduan antar desain organisasional.
-          Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode cluster random sampling.
-          Langkah pengambilan sampel dilakukan dengan tahap:
1.      mengelompokkan populasi dalam tiga kelompok (cluster) perusahaan barang konsumsi
2.      memilih secara random sampel dalam setiap cluster populasi.
-            Data penelitian adalah data primer. Tahapan pengumpulan data dilakukan dengan cara:
1.    survei melalui pos (mail survei) dengan bantuan direktori daftar perusahaan di Indonesia
2.    mengirimkan kuesioner melalui email perusahaan (email survey)
3.    surveyor
4.    koneksi dengan menggunakan cara-cara di atas diperoleh tanggapan responden 119 manajer unit bisnis.
Hasil Penelitian                       : Partisipasi anggaran berpengaruh signifikan terhadap sasaran  anggaran. Argumennya partisipasi yang tinggi  memungkinkan manajer untuk memudahkan  sasaran anggaran yang dicapai atau peluang menciptakan senjangan (slack) anggaran. Hasil ini konsisten dan memperkuat argument bahwa kondisi lingkungan pada saat dilakukan penelitian relatif tinggi atau tidak stabil sehingga kebijakan dalam setiap prosedur anggaran tidak perlu fit dengan sasaran anggaran. Kebijakan revisi anggaran dan gaya evaluasi anggaran dipengaruhi oleh ketidakpastian lingkungan. Govindarajan (1988) yang menemukan bukti empiris bahwa efektivitas gaya evaluasi anggaran kontinjen terhadap ketidakpastian lingkungan. Pengalaman manajer juga menjadi faktor yang dipertimbangkan. Hasil penelitian Alim (2006) menyimpulkan bahwa manajer unit bisnis yang belum berpengalaman menjadikan ketidakpastian lingkungan berpengaruh terhadap efektivitas gaya evaluasi anggaran Temuan empiris dalam penelitian ini menyarankan bahwa sebaik-nya gaya evaluasi anggaran bagi manajer lini produk yang belum berpengalaman dan menghadapi ketidakpastian lingkungan yang tinggi berorientasi pada proses pencapaian sasaran anggaran bukan pada varian anggaran.
Kesimpulan                             : Bahwa kebijakan revisi anggaran pada kondisi khusus dan gaya evaluasi anggaran yang berbasis pada proses pencapaian anggaran tidak sekedar varian anggaran dipertimbangkan untuk meningkatkan kinerja. Dalam proses penyusunan anggaran, pelaksanaan dan koordinasi serta pengendalian anggaran, komponen anggaran tidak harus dipaksakan fit dengan tingkat kesulitan anggaran. Namun demikian, adanya match antar komponen anggaran dengan sasaran anggaran berpotensi untuk meningkatkan kinerja manajerial.
Pendapat Mengenai Jurnal     : Menurut kelompok kami, Sistem Anggaran memiliki fungsi manajerial yang meliputi perencanaan, koordinasi, evaluasi (pengendalian), dan umpan balik. Terkait dengan fungsi manajerial maka antara satu komponen anggaran dengan komponen anggaran lain memiliki time sequence. Faktor desain organisasional yang mungkin berpengaruh pada prosedur anggaran dalam proses pengendalian manajemen seperti proses perencanaan stratejik (strategic planning). Penelitian membuktikan, bahwa partisipasi tidak berpengaruh signifikan terhadap sasaran anggaran.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar