KIKI RIZKY AMELIA
1EB20
24213853
I.
PENDAHULUAN
Ragam
keunikan kuliner di Tanah Air memang terus bertambah setiap tahun, mulai dari
makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau yang di sajikan di kawasan
perumahan, pinggir jalan, dan pusat perbelanjaan. Mencari ide usaha kuliner
apalagi makanan ringan bukanlah hal yang susah di lakukan karena banyak pelaku
usaha kuliner yang gencar mempromosikan produk yang di tawarkan. Salah satunya
keripik opak ini, yang sangat gencar dipasarkan beberapa waktu belakangan.
II.
ISI
Untuk
kembali meningkatkan pamor opak di masyarakat, opak yang tadinya bebentuk
biasa, kini mulai di kemas dan di olah dengan cita rasa yang berbeda. Dengan
adanya perubahan pada kemasan dan juga rasa di harapkan opak ini di sukai baik
di kalangan orang tua dan anak-anak.
Keripik
opak yang satu ini memang berbeda dari opak lainnya yang ada di pasaran karena
selain memiliki tekstur yang lebih renyah, dengan tambahan 3 varian rasa gurih
seperti sapi panggang, keju pedas dan cabai pedas membuat rasa dari opak
menjadi lebih nikmat. Apalagi dalam pembuatan bumbu bubuknya tidak menggunakan
bahan pengawet sehingga menyehatkan.
Keripik
opak dibagi menjadi beberapa varian rasa ini dikemas dengan packing yang
menarik berbentuk seperti paper back dengan gambar yang unik. Harganya pun
terjangkau. Membuat keripik opak tidaklah sulit karena bahan baku dan peralatan
yang di gunakan mudah di dapatkan.
III.
PENUTUP
Banyak
cara untuk mempromosikan keripik opak, salah satunya yang paling efektif adalah
memberikan tester kepada keluarga dan teman-teman dekat, dan teman kantor untuk
dimintai pendapat dan masukan untuk perbaikan produk ke depannya. Selain itu
promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan media iklan internet. Cara efektif
lainnya dengan melakukan penjualan produk memakai garasi bak belakang mobil
yang di parkir di pinggir jalan ramai.
Dalam
menjalankan usaha ini kendala terbesar yang di jumpai adalah sumber daya
manusia(SDM). Karena SDM adalah tonggak untuk bisa menciptakan dan
mempertahankan rasa yang khas dari keripik opak. Selain itu banyaknya produk
penjualan makanan ringan di pasaran membuat persaingan dalam usaha ini dibilang
sangat ketat.
Untuk
itu di perlukan pengembangan produk dengan berbagai varian rasa baru namun
dengan tetap mempertahankan cita rasa opak. Dilihat Dri prospeknya keripik opak
ini masih memiliki prospek yang sangat cerah. Karena selain memiliki rasa yang
unik juga kandungan gizi yang besar membuat makanan yang satu ini banyak
menjadi pilihan baik orang dewasa, remaja, maupun anak-anak.
IV.
DAFTAR
PUSTAKA
Tabloid
Peluang Wirausaha Edisi 21. Th VII. 15-28 November 2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar