Nama Kelompok : Kiki Rizky Amelia (24213853)
Selviana Dianasari (28213362)
Syifa Fauziah Rahmayanti (28213766)
Kelas :
1EB20
TUGAS PENGANTAR BISNIS
MINGGU KE-6
- JELASKAN PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
JAWAB
:
Pasar yaitu kelompok individual (perorangan atau
organisasi ) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli
dan minat merealisasikan pembeliannya. Sedangkan Pemasaran yaitu kegiatan
pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna memenuhi
kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan,
serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan
mencapai tujuan perusahaan.
- BERIKAN CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS
PASAR INDUSTRI
*PASAR
PENJUAL
JAWAB
:
·
Jenis pasar industri:
-
Industri konveksi
-
Industri batu bata, keramik, genteng
-
Industri furniture
-
Industri peralatan rumah tangga
-
Industri benang
·
Jenis pasar penjual:
-
Pedagang sayuran dan buah-buahan di
pasar
-
Pedagang elektronik di toko
-
Pedagang kue di pasar
-
Pedagang sembako di toko
-
Pedagang pakaian di mall
3. JELASKAN dgn 1 CONTOH BARANG /JASA UNIVERSAL BAGAIMANA
MEMASARKANNYA ( BERDASARKAN 4 P )
JAWAB :
Konsep marketing 4p
adalah product, price, place, promotion. Contoh jasa atau barang yang
menggunakan metode 4 adalah online shop. Mereka menjual barang atau jasa melalu
jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll.
Di halaman website
pertama akan muncul tampilan barang-barang atau jasa yang akan di jual. Di
dalam website tersebut juga sudah di tampilkan harga barangnya dan jenis bahan
barangnya jika produk itu seperti sepatu atau baju. Harganya juga harus
terjangkau oleh konsumen, produknya juga harus berkualitas. Dan tampilan websitenya
juga harus di buat semenarik mungkin agar para konsumen tertarik. Untuk promosi
toko online biasanya mengadakan discount, atau gratis ongkos kirim agar
konsumen lebih tertarik. Toko onlie juga mempunyai mitra-mitra dan jasa
pengiriman terpecaya. Mitra-mitra tersebut dapat dikaitkan dengan place atau
distributor.
4.
SEBUT
DAN JELASKAN 4 VARIABEL BAURAN PROMOSI
JAWAB
:
Bauran promosi atau
marketing mix adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan
inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu: produk, struktur harga, kegiatan
promosi dan sistem distribusi.
·
Produk (product)
Produk adalah segala
sesuatu yang dapat di tawarkan kepada pasar untuk di perhatikan, di peroleh, di
gunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan
konsumen.
·
Harga (price)
Harga merupakan jumlah
uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga
diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka
konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan
saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus
dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk
program pemasaran yang konsisten dan efektif.
·
Tempat (place)
Tempat termasuk
aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran.
Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk
yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
·
Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang
dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa
dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Variabel-variabel bauran pemasaran
tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam
usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat di pasar. Tetapi dalam pelaksanannya,
bauran pemasaran tersebut harus dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada atau
bersifat fleksibel.
5.
SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM
PEMASARAN
JAWAB
:
Alternatif
dalam sistem pemasaran yaitu:
·
Memaksimumkan Konsumsi
·
Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
·
Memaksimumkan Mutu Hidup
Tidak ada komentar:
Posting Komentar